Pendampingan Implementasi Penguatan Proyek Profil Pelajar Pancasila (P5) Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar

  • Asriadi Asriadi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia
  • Muhammad Awal Nur Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia
  • Muhammad Ikhsan Sukaria Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia
  • Rosmala Rosmala Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia
  • Abd. Hafid Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia
Keywords: Pendampingan, implementasi, P5, Guru

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pendampingan dan pelatihan  kepada guru-guru SD Negeri Kampuno Kabupaten Bone dalam rangka meningkatkan profesionalisme mereka terkait Implementasi penguatan proyek profil pelajar pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka di tingkat sekolah dasar. Sebanyak 8 guru dari SD Negeri 217 Kampuno menjadi peserta dalam kegiatan ini, yang berlangsung pada 30 September 2024. Pelatihan ini menggunakan beberapa tahapan antara lain :, 1) Persiapan, 2) Pelaksanaan (Penyampaian materi P5 dan Praktik penyusunan program P5), 3) Evaluasi . Secara keseluruhan, kegiatan pengabdian ini telah terlaksana sesuai rencana dan berjalan dengan baik. Narasumber menyampaikan materi sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, dan materi tersebut dapat dipahami dengan baik oleh para guru peserta pelatihan. Peserta memperoleh pengetahuan tentang pembuatan modul P5 dan langsung mempraktikkan pembuatan modul P5 selama pelatihan. Produk yang dihasilkan dari kegiatan ini berupa modul P5 untuk setiap fase, yaitu fase A, fase B, dan fase C.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-11-21
How to Cite
Asriadi, A., Nur, M. A., Sukaria, M. I., Rosmala, R., & Hafid, A. (2024). Pendampingan Implementasi Penguatan Proyek Profil Pelajar Pancasila (P5) Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 51-55. https://doi.org/10.46367/khidmah.v1i2.2140

Abstract Views: 21 | PDF Downloads: 15